ARP Command

Minggu, 31 Oktober 2010

|
Pengertian ARP Command

ARP (Address Resolution Protocol)
adalah sebuah protokol dalam TCP/IP Protocol Suitealamat IP ke dalam alamat Media Access Control (MAC Address). ARP didefinisikan di dalam RFC 826.


Ketika sebuah aplikasi yang mendukung teknologi protokol jaringan TCP/IP mencoba untuk mengakses sebuah host TCP/IP dengan menggunakan alamat IP, maka alamat IP yang dimiliki oleh host yang dituju harus diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam MAC Address agar frame-frame data dapat diteruskan ke tujuan dan diletakkan di atas media transmisi (kabel, radio, atau cahaya), setelah diproses terlebih dahulu oleh Network Interface Card (NIC). Hal ini dikarenakan NIC beroperasi dalam lapisan fisik dan lapisan data-link pada tujuh lapis model referensi OSI dan menggunakan alamat fisik daripada menggunakan alamat logis (seperti halnya alamat IP atau nama NetBIOS) untuk melakukan komunikasi data dalam jaringan.


Jika memang alamat yang dituju berada di luar jaringan lokal, maka ARP akan mencoba untuk mendapatkan MAC address dari antarmuka router lokal yang menghubungkan jaringan lokal ke luar jaringan (di mana komputer yang dituju berada).
ARP bisa diibaratkan seperti komunikasi untuk bertukar data setelah terjadinya handshaking pada komputer yang terhubung dan komunikasi dilakukan tanpa media perantara lain (direct communication). Untuk melihat jalur koneksi yang terhubung dengan komputer lain (direct), gunakan parameter -a. Untuk melihat spesifikasi alamat MAC pada sebuah komputer yang terhubung, gunakan perintah: arp -a alamat_IP.
Contoh : arp -a 168.10.10.1
Ada baiknya jika kita menentukan point destination (static ARP) untuk protokol ini guna meminimalisir kegiatan spoofing pada jaringan wirelass. Lakukan penambahan alamat static pada protokol ini dengan menggunakan parameter -s , dengan syntax adalah: arp –s IP_address MAC_address.
Contoh : arp –s 192.168.0.32 00-50-ba-62-f7-e6

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

ASSALAMU'ALAIKUM
Diberdayakan oleh Blogger.